Lebih Dekat Dengan Tanaman Hias

Tanaman hias merupakan jenis tanaman tertentu baik yang berasal dari tanaman daun atau tanaman bunga yang dapat ditata untuk memperindah lingkungan, sehingga suasana menjadi lebih artistik dan menarik. Sedangkan tanaman hias ruangan (indoor) adalah jenis tanaman hias yang memiliki ketahanan hidup di dalam ruangan minimal 1 – 2 minggu. Jadi tanaman dapat dikelompokkan ke dalam tanaman hias apabila mempunyai nilai artistik atau keindahan.

Tanaman hias daun ataupun tanaman hias bunga berasal dari alam terbuka. Di alam terbuka itulah tanaman mendapatkan latihan terus menerus secara alami. Ia terlindung dari terpaan terik matahari, sebab mereka tumbuh di bawah pepohonan besar.

Ada beberapa macam jenis tanaman hias, antara lain :


Tanaman Hias Daun

Tanaman ini dipilih karena penampilan aneka ragam daunnya yang berwarna-warni. Mulai dari yang berwarna tunggal merah, hijau, kuning, orange, perak, warna kombinasi, dan warna mengkilap. Daya tarik lainnya adalah penampilan bentuk tajuknya, bentuk batangnya, bentuk daunnya, dan teksturnya.

Disamping daya tarik karena keindahannya, tanaman hias daun disukai orang karena persyaratan tumbuhnya ringan, perawatannya mudah dan tahan lama dibandingkan dengan tanaman hias bunga. Di dalam ruangan tanaman hias daun misalnya Ficus dapat bertahan hidup sampai dengan 5 tahun.

Sebagian besar tanaman hias dari daerah asalnya secara alami memperoleh cahaya matahari berlimpah. Akan tetapi karena mereka terlatih hidup di suatu lingkungan yang teduh, akhirnya mereka mudah beradaptasi dengan lingkungan yang tingkat penyinarannya terbatas.

Tanaman dapat tumbuh baik karena toleran terhadap udara kering yang panas, dengan kelembapan rata-rata 30%. Di daerah asalnya tanaman tersebut terbiasa hidup pada kelembapan di atas 50% bahkan sampai 70%.


Tanaman Hias Bunga

Tanaman hias bunga dipilih karena penampilan bunganya yang berwarna warni, bentuk dan ukurannya beraneka ragam, ada yang besar, kecil mungil, dan ada yang baunya harum. Kesemuanya itu membawa daya pikat tersendiri.

Tanaman hias bunga menuntut persyaratan lebih berat daripada tanaman hias daun. Pembentukan bunga memerlukan penyinaran dan suhu ruangan yang sejuk. Dengan persyaratan tumbuh semacam itu, tanaman akan mampu tumbuh dan bertahan di dalam ruangan.

Tanaman hias bunga meskipun kondisi lingkungan di dalam ruangan memenuhi persyaratan, hanya mampu memberikan daya tarik yang relatif sangat singkat. Penampilan bunga yang cantik dalam waktu yang singkat akan segera habis. Dengan demikian, kita harus menyadari bahwa tanaman hias bunga sifatnya hanyalah sementara, mungkin hanya bertahan 1 – 2 minggu saja. Itulah sebabnya tanaman hias bunga sebagai penghias ruangan jumlahnya sangat terbatas.


Daya Pikat Tanaman Hias

Tanaman hias ruangan dapat memberikan suasana indah mempesona, melembutkan pandangan, dan memberikan kecemerlangan pada sepanjang waktu. Disamping itu, hadirnya tanaman hias ruangan di tengah-tengah penghuni rumah juga akan memberi kesejukan dan rasa nyama. Jenis tanaman hias apapun yang dihadirkan di dalam ruangan akan mampu menurunkan suhu pada saat udara panas dan sekaligus mencuci udara karena tanaman merupakan sumber oksigen.

Tanaman hias ruangan juga mampu menghilangkan rasa penat karena kerja berat dan rutinitas yang monoton setiap hari. Kehadiran tanaman hias di rumah-rumah yang padat penduduknya seperti kota-kota besar dan kota-kota industri yang tingkat polusinya tinggi sangat diperlukan. Daya tarik tanaman hias terletak pada penampilan warna, daun, bunga, bentuk daun dan lain sebagainya.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 comments: on "Lebih Dekat Dengan Tanaman Hias"

tiket said...

keren artikelnya, tpi di tambahin foto donk biar tmbh keren...
jdi kitakan bisa tau bentuknya...!!!

Post a Comment