ADIANTUM ( SUPLIR )

Tanaman ini daunnya berbentuk seperti pasak terbalik. Bagian tepi daunnya bergerigi. Ukuran daun kecil 0,5 – 1 cm berwarna hijau kapri. Daun yang masih muda berwarna agak kecoklat kemerahan. Batang atau tangkai daun berbentuk bulat kecil berwarna hitam seperti kawat. Arah batang ke atas kemudian melengkung ke arah samping. Ketinggian tanaman mencapai 15 – 80 cm dan berdaun lebat.

Kebutuhan Cahaya
Semua jenis Adiantum tumbuh paling bagus ditempat yang terlindung atau di bawah naungan. Kebutuhan cahaya rendah, cukup dengan intensitas sekitar 150 f.c.

Kebutuhan Suhu dan kelembapan
Adiantum membutuhkan suhu siang hari 60 – 68 derajat fahrenheit, malam hari 50 – 55 derajat fahrenheit. Kelembapan 50% adalah ideal untuk semua jenis tanaman Adiantum. Oleh karena itu kelembapan media tanam harus dipertahankan sepanjang waktu dengan cara melakukan penyiraman pagi dan sore. Jika media menjadi kering, tanaman cepat layu.


Media Tanam
Media tanam untuk suplir yang baik terdiri atas campuran satu bagian tanah, satu bagian kompos atau moss atau humus dari hutan, dan satu bagian serbuk kulit pepohonan yang digiling halus atau ditumbuk, kemudian diayak. Setiap 4,5 kg media ditambah 2 sendok makan tepung tulang.

Pemupukan
Pada saat-saat tertentu suplir membutuhkan pupuk, tetapi tidak semua pupuk tanaman hias cocok untuk suplir.
Pemupukan bagi suplir hanya dilakukan sekali-kali saja dengan menggunakan pupuk daun. Suplir yang baru dibeli tidak perlu segera dipupuk. Kalau keadaan medianya masih subur, biarkan tumbuh tanpa pupuk. Pemupukan lewat daun dilakukan 2 bulan sekali, pemupukan lewat akar (media tanam) setiap 6 bulan sekali.

Pengepotan Kembali
Pengepotan kembali (repotting) tanaman suplir dilakukan apabila media tanam telah memadat. Pengepotan kembali dapat juga dilakukan setelah pemupukan lewat daun tapi tanaman tersebut tidak menunjukkan kemajuan dalam pertumbuhannya. Apabila tanaman telah memenuhi permukaan pot dan akar telah banyak bermunculan keluar, merupakan suatu tanda bahwa suplir harus segera dilakukan repotting. Repotting yang baik harus dilakukan pada akhir musim kemarau sebelum pertumbuhan kembali mulai aktif.

Penempatan Pot di dalam Ruangan
Tempatkan pot tanaman tersebut di suatu tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Upayakan pada pagi hari tanaman dibawa dan ditempatkan diteras dan siang hari dibawa masuk ke dalam ruangan.

Perbanyakan Adiantum
Suplir dapat dikembangbiakkan secara vegetatif dan generatif. Memperbanyak suplir dengan cara menumbuhkan spora cukup rumit dan memerlukan waktu yang cukup lama. Perbanyakan secara generatif memerlukan waktu sekitar 6 – 12 bulan untuk mendapatkan bibit siap tanam di dalam pot.
Pembiakan suplir yang paling sederhana adalah dengan cara vegetatif yakni memisahkan sebagian rumpun dari induknya. Cara ini sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Perbanyakan ini yang paling baik dilakukan pada awal musim penghujan untuk menghindari stagnasi yang berat.

Varietas
Berbagai varietas suplir yang terkenal adalah Adiantum Capillus veneris, Adiantum Radianum, Adiantum Tenerum, Adiantum Perwianum, Adiantum Cultratum, Adiantum Splendens, Adiantum China

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

4 comments: on "ADIANTUM ( SUPLIR )"

Etalase Kediri said...

Tanaman hias yang buat rumah berasa dingin... ai juga pake gan...

Anonymous said...

Nursery yg punya koleksi suplir cukup lengkap dijakarta ada ngga ya,punya info?

Baju Bola said...

Lama ga ada update, kenapa gan... padahal sy seneng ma artikel"nya

Post a Comment