Cara Memperbanyak Tanaman Hias

Pada umumnya ada dua macam cara untuk memperbanyak tanaman hias, yang meliputi : perbanyakan dengan cara generatif, dan perbanyakan tanaman dengan cara vegetatif.

Perbanyakan Generatif
Jika kita ingin memperoleh bibit tanaman hias dalam jumlah banyak untuk dijual, perbanyakan dapat dilakukan secara generatif (menggunakan biji). Namun perbanyakan tanaman secara generatif sering menghadapi beberapa kesulitan sebagai berikut :

  1. Sebagian dari jenis tanaman kurang dikenal atau sulit diperoleh. Misalnya biji tanaman Norfolk, Nolina, dan Palem Botol.
  2. Proses pertumbuhannya memerlukan waktu yang lama dan perlakuan yang rumit
  3. Ada sementara biji tanaman hias yang proses perkecambahannya harus dilakukan dalam kondisi tertentu, misalnya di rumah kaca (greenhouse).

Perbanyakan Vegetatif
Perbanyakan tanaman secara vegetatif dilakukan dengan menggunakan bagian dari tanaman untuk memperoleh tanaman baru. Beberapa cara perbanyakan tanaman secara vegetatif adalah : stek batang, stek daun, stek pucuk , perbanyakan dengan pembagian rumpun, dan perbanyakan dengan cara mencangkok.

Stek Batang
Memperbanyak tanaman dengan stek batang banyak dilakukan pada jenis tanaman Dieffenbachia, Dracanea, Schefflera, dan Kroton.

Stek Daun
Tanaman yang diperbanyak dengan stek daun antara lain : Begonia, Violces, Sanseviera, dan berbagai sukulen. Potongan daun jenis tanaman tersebut bila ditanam di dalam media yang memenuhi syarat akan tumbuh akar dan tunas.

Stek Pucuk
Bagi jenis tanaman tertentu, perbanyakannya terjadi secara alami. Tanaman ini membiak dengan meluncurkan pucuk-pucuknya. Tanaman ini menghasilkan anakan kecil (sucker) yang menjulur panjang dari induknya yang dihubungkan oleh semacam batang kecil melengkung. Tunas itu dapat tumbuh akar dan sebagian akarnya masuk ke dalam tanah menunjang batang induk.
Jenis tanaman yang pembiakannya dapat dilakukan dengan cara stek pucuk adalah Chlorophytum comosum (Lily Paris), Episcia fulgida (cinta abadi).

Perbanyakan dengan pembagian rumpun
Bentuk perbanyakan vegetatif yang paling sederhana adalah menggunakan sobekan rumpun (pols). Banyak jenis tanaman dalam pot yang memiliki lebih dari satu batang tanaman atau rumpun.
Termasuk tanaman pot berumpun adalah : Nephrolepis, Adiantum, Calathea, Maranta, Spathiphyllum, dan sebagian besar bangsa palem.

Perbanyakan tanaman dengan cara mencangkok
Jenis tanaman tertentu, misalnya Scheflera, Kroton, dan Ficus elastica (karet-karetan) apabila ditanam dengan bahan stek akan banyak kehilangan kelembapan melalui penguapan lewat permukaan daun sehingga menjadi layu sebelum akar terbentuk. Oleh karena itu, perbanyakan jenis tanaman ini sebaiknya dilakukan dengan cangkokan.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

3 comments: on "Cara Memperbanyak Tanaman Hias"

Opak Gambir said...

Wah caranya banyak ya gan dan tentun tidak setiap tanaman sama kan caranya...

Anonymous said...

Cara nya mana?

Post a Comment