Mempersiapkan Media Tanam untuk Tanaman Hias

Pada umumnya media tanam untuk tanaman hias dalam pot adalah media tanam yang banyak mengandung bahan organik cukup tinggi. Media tanam yang banyak mengandung bahan organik dapat bertahan lunak, porous, udara dapat mencapai akar, kelembapan terjamin, unsur hara cukup, dan pertumbuhan tanaman tidak terganggu.

Media tanam yang paling bagus dan cocok bagi sebagian besar tanaman hias tersusun dari bahan-bahan sebagai berikut :

1. Satu bagian tanah biasa
2. Satu bagian pasir
3. Satu bagian bahan organis yang berasal dari pupuk kandang, kompos (moss) atau humus

Setiap 4,5 kg media tersebut perlu ditambahkan kapur sebanyak satu sendok makan untuk mengurangi keasaman dalam kompos. Disamping itu kapur juga mengandung kalsium (Ca) yang berfungsi menguatkan dinding-dinding sel tanaman. Media tersebut juga perlu ditambah pupuk buatan 5-10-5 atau 10-20-10 sebanyakk 2 sendok teh. Untuk mendapatkan konsentrasi unsur P yang lebih tinggi maka media tadi dapat ditambah 1,5 sendok teh super phosphat 20%.

Tanah yang berasal dari kebun kemungkinan mengandung penyakit, jamur, serangga, dan berbagai biji gulma. Oleh karena itu, tanah tersebut harus disterilkan terlebih dahulu. Cara mensterilkan media tanam dapat dilakukan dengan disiram air mendidih, disemprot insektisida, fungisida, atau disangrai. Sterilisasi dilakukan secara berkala 2 kali seminggu selama satu bulan agar media benar-benar steril.

Setelah campuran media tersusun dan selesai disterilkan, maka media tersebut sudah siap untuk diisikan ke dalam pot.

Mengisikan Media ke dalam Pot
Semua tanaman hias yang akan ditempatkan di dalam ruangan harus ditanam dalam pot. Cara pengisian pot dengan media tanam adalah sebagai berikut :

>Dasar pot yang akan diisi media tanam harus berlubang agar air yang ada didalamnya sebagian dapat keluar melalui lubang tersebut.
>Pada dasar pot diisi pecahan batu bata atau genteng dari tanah sebagai peresap atau pengikat air.
>Kemudian media kita masukkan ke dalam pot.

Berbagai Macam Pot
Kebanyakan pot tanaman hias dibuat dari tanah liat. Namun ada juga pot yang terbuat dari porselen, keramik, semen, dan bahan-bahan lainnya yang lebih menarik. Semua bahan pembuat pot tadi masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Para pemakai pot dapat memilih dengan pertimbangan atau kriteria penampilannya yang artistik, keawetannya, harganya, dan fungsinya sebagai wadah media.

Kalangan tertentu banyak juga yang memilih pot dari keramik, porselen, atau plastik, walaupun harganya agak mahal. Pot-pot itu banyak diminati karena penampilannya menarik, bersih, tahan lama, dan mudah dibersihkan dari segala kotoran yang menempel. Pot porselen dan keramik ini jika terbentur benda keras atau jatuh bisa pecah. Apabila media di dalam pot kelebihan air, maka tidak dapat merembes melalui pori-pori dinding pot.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Mempersiapkan Media Tanam untuk Tanaman Hias"

Post a Comment